Sosialisasi Peraturan Menteri Dalam Negeri No 20 Tahun 2018 tentang Pengelolaan Keuangan Desa

Magetan- Pemerintah Kabupaten Magetan melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat menggelar Sosialisasi Peraturan Menteri Dalam Negeri No 20 Tahun 2018 tentang Pengelolaan Keuangan Desa pada, Rabu (19/12) bertempat di Pendopo Surya Graha.

Sosialisasi  dibuka oleh Asisten Pemerintah sebagai wakil Bupati Magetan yang berhalangan hadir dalam memberi sambutan pada sosialisasi.  Dalam sambutannya dipaparkan  bahwa pengelolaan keuangan desa yang patuh pada regulasi dan inovatif dalam aktualisasi tercermin dari efektivitas penggunaan anggaran desa untuk kepentingan publik di desa  dalam memenuhi kebutuhan operasional penyelengaraan pemerintahan desa dankualitas dalam penata kelolaan sehingga mendukung orientasi penyelenggaraan pemerintahan  desa yang bersih bebas dari korupsi.

Ditambahkan bahwa pengelolaan keuangan desa yang sukses adalanh dengan terjaganya anggaran publik untuk kepentingan publik, serta anggaran desa harus dimanfaatkan sesuai aturan dan untuk kepentingan masyarakat.

Regulasi  Peraturan Menteri Dalam Negeri No 20 Tahun 2018 tentang Pengelolaan Keuangan Desa merupakan pengganti dari regulasi lama yakni Peraturan Menteri Dalam Negeri No 113 tahun 2015.

Kedepannya Pengelolaan keuangan desa tahun 2019 akan  serupa dan terbangun  dengan prinsip Mekanisme Teknis Pengelolaan Keuangan Desa.

Pemerintah Kabupaten Magetan mempunyai  rencana aksi untuk meningkatkan kualitas pengelolaan keuangan desa di 207 desa se-kabupaten Magetan yakni diantaranya menyiapkan regulasi atau peraturan daerah sesuai kewenangan untuk mendukung implementasi Peraturan Menteri Dalam Negeri No 20 Tahun 2018, meningkatkan kapasitas sumber daya manusia (SDM) pengelolaan keuangan desa dengan berbagai kegiatan  seperti pelatihan teknis kelola keuangan desa dan sebagainya, menyiapkan pranata fungsional  untuk mendukung  akuntabilitas pengelolaaan keuangan desa, mendukung pengembangan prinsip pengelolaan keuangan desa berbasis IT/aplikasi , serta melakukan pembinaan  pengawasan dan evaluasi pengelolan keuangan  desa berprinsip kemitraan strategis.

Sosialisasi yang dilakukan sebagai sarana membangun komunikasi dengan pemangku kepentingan dan kebijakan pengelolaan keuangan desa yang akan dilaksanakan dianggaran tahun 2019. Adapun narasumber berasal dari Kejaksaan, Inspektorat,Hukum dan Pemberdayaan Masyarakat serta sosialisasi dihadiri oleh Camat, kepala desa se-Kabupaten Magetan.(Ay)

  • Sosialisasi Peraturan Menteri Dalam Negeri No 20 Tahun 2018 tentang Pengelolaan Keuangan Desa
  • Sosialisasi Peraturan Menteri Dalam Negeri No 20 Tahun 2018 tentang Pengelolaan Keuangan Desa
  • Sosialisasi Peraturan Menteri Dalam Negeri No 20 Tahun 2018 tentang Pengelolaan Keuangan Desa