BIMTEK PSC 119 Kabupaten Magetan

Magetan- Dinas Kesehatan Kabupaten Magetan menggelar Bimbingan Teknis (BIMTEK) mengenai Public Safety Center (PSC) 119 di  RM Harmada Joglo Jl. Diponegoro No 21 Selosari Magetan, Selasa (11/12).

            BIMTEK dibuka oleh Plt Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Magetan Dra Furiana Kartini, dihadiri narasumber Kepala bidang Pelayanan Kesehatan Kabupaten Trenggalek Dr.H Mokh Rofiq Hindiono, MMRS bersama  Istinganah dari Dinas Kesehatan Kabupaten Trenggalek.

            BIMTEK dilaksanakan selama dua hari yakni Selasa hingga Rabu (11-12/12/2018). BIMTEK terselenggara sebagai tindaklanjut kegiatan Studi Banding Public Safety Center (PSC) Kabupaten Magetan ke Dinas Kesehatan Kabupaten Trenggalek pada tanggal (6/12) lalu.

            Mengacu pada Permenkes No 19 tahun 2016 tentang System Penanggulangan Gawat Darurat Terpadu, system Penanggulangan Gawat Darurat Terpadu yang disingkat SPGDT adalah suatu mekanisme pelayanan Korban/Pasien Gawat Darurat yang terintegrasi dan berbasis call center dengan menggunakan kode akses telekomunikasi 119 dengan melibatkan masyarakat.

Adapun Kode Akses Telekomunikasi 119 disebut Call Center 119 adalah suatu desain sistem dan teknologi menggunakan konsep pusat panggilan terintegrasi yang merupakan layanan berbasis jaringan telekomunikasi khusus di bidang kesehatan.

Serta Pusat Pelayanan Keselamatan Terpadu/Public Safety Center disebut PSC adalah pusat pelayanan yang menjamin kebutuhan masyarakat dalam hal-hal yang berhubungan dengan kegawatdaruratan yang berada di kabupaten/kota yang merupakan ujung tombak pelayanan untuk mendapatkan respon cepat.

Disisi lain dalam membentuk PSC  diperlukan payung hukum serta regulasi,lokasi, SDM, sarpras untuk call center, SOP, jejaring, sarana telekomunikasi dan informasi.

            Diwawancarai terpisah Plt Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Magetan, Dra Furiana Kartini  menjelaskan bahwa diperlukan kerjasama dari berbagai pihak/ lintas sector dalam menjalankan Sistem Penanggulangan Gawat Darurat Terpadu (SPGDT) yang mencakup BPBD, Puskesmas, SatPol PP, PMI, Bappeda dan kepolisian serta  Dinas Kesehatan sebagai  sekretariat tetap (Sektap). (Ay)

  • BIMTEK  PSC 119 Kabupaten Magetan
  • BIMTEK  PSC 119 Kabupaten Magetan
  • BIMTEK  PSC 119 Kabupaten Magetan
  • BIMTEK  PSC 119 Kabupaten Magetan
  • BIMTEK  PSC 119 Kabupaten Magetan