Sarasehan Dolan Maton Bersama Bapak Bupati Magetan

Magetan-Acara sarasehan dolan maton  diselenggarakan di gedung Surya Graha Kabupaten Magetan pada hari Jum’at (7/12) acara yang dihadiri oleh masyarakat Magetan dan pelajar dari tingkat SD hingga SMA.

Bupati Magetan Dr.Drs.H.Suprawoto,SH,M.Si beserta Sanggar Triwidha Tulungagung selaku narasumber mengajak khususnya masyarakat Magetan untuk melestarikan budaya jawa yang sekarang sudah mulai tergantikan dengan yang lebih modern dengan perkembangan jaman di era 4.0.

Dalam sarasehan ini juga menampilkan drama yg menceritakan perjuangan hidup Bupati Magetan Dr.Drs.H.Suprawoto,SH,M.Si yang ditulis sendiri dalam buku ”Dalane Uripku” ditampilkan dalam acara pembuka, buku itu ditulis sendiri dalam waktu 6 tahun di sela-sela tugas dan pekerjaannya. Kemudian buku itu sengaja dicetak, maka dari itu buku saya cetak saya kirim ke perpustakaan ke seluruh Provinsi se-Jawa gratis dan Perguruan Tinggi se-Jawa, sanggar-sanggar se-Jawa. Ia berpesan, orang boleh hebat setinggi langit orang boleh  pintar setinggi langit kalau dia tidak menulis dia akan hilang dari sejarah, karena menulis adalah pekerjaan yang abadi.

Dalam acara tersebut Bupati Magetan menjelaskan Magetan itu gudangnya para sastra, buku itu untuk membuka wawasan, saya bisa berubah wawasan karena buku. Diibaratkan begini, seperti petani yang senang melihat sawah yang hijau dan nyaman, kalau saya masuk ke perpustakaan melihat deretan berbagai buku saya senang dan saya merasa nyaman, dan Alhamdulillah perpustakaan khusus untuk buku-buku saya dan khusus sastra Jawa itu buku-buku yang saya beli saya kumpulkan dan akan saya hibahkan ke perpustakaan Magetan tegasnya.

Sanggar Triwidha Tulungagung berterima kasih dan ingin mengajak para tamu untuk mengikuti acara sarasehan Dolan Maton ini untuk menulis, entah itu dalam bentuk cerpen dll. (Ay/Wan)

  • Sarasehan Dolan Maton Bersama Bapak Bupati Magetan
  • Sarasehan Dolan Maton Bersama Bapak Bupati Magetan