BAPPEDA LITBANG Adakan Bimtek Menyusun Rancangan Renstra Perangkat Daerah Tahun 2018

Magetan-Bappeda Litbang mengadakan Bimbingan Teknologi untuk menyusun Rencana Strategis (renstra) Perangkat Daerah tahun 2018 s.d 2023 di Hotel Bukit Bintang Jl.Mayjen Sukowati, Magetan pada Selasa, (4/12)

Ir. Sutrisno, MES dan Betti Guswantari MP,S.Si.,M.ENG. sebagai narasumber dari UGM Jogjakarta menjelaskan tentang Teknis Penyusunan Renstra SKPD di Kabupaten Magetan dan Wisku Bambang D. ST dari Diskominfo Kabupaten Magetan memberikan materi pelatihan aplikasi Renstra dan RPJMD.

Renstra Perangkat Daerah memuat Tujuan,Sasaran, Program dan Kegiatan Pembangunan dalam rangka Pelaksanaan Urusan Pemerintah Wajib dan atau Urusan Pemerintah Pilihan sesuai dengan tugas dan fungsi setiap Perangkat Daerah, yang disusun berpedoman kepada RPJMD dan bersifat indikatif. Definisi renstra dalam Permendagri 86/2017 ini sama dengan pasal 272 UU no. 23 tahun 2014 tidak ada rumusan visi dan misi Perangkat Daerah.

Menurut PERMENDAGRI 86/2017 bagian keenam tata cara penyusunan renstra Perangkat Daerah, ada 5 tahapan yang dilakukan.

 

    1. Persiapan meliputi pembentukan tim, orientasi renstra, agenda kerja, penyiapan data dan informasi,
    2. Rancangan Awal penyusunan renstra dilaksanakan bersamaan dengan penyusunan rancangan awal RPJM,
    3. Forum Perangkat Daerah/lintas Perangkat Daerah bertujuan untuk memperoleh masukan dalam     rangka penajaman target kinerja sasaran program dan kegiatan, lokasi dan kelompok sasaran         yang telah disusun dalam rancangan renstra Perangkat Daerah
    4. Rancangan Akhir proses penyempurnaan rancangan renstra Perangkat daerah menjadi  rancangan akhir renstra Perangkat Daerah berdasarkan Perda RPJMD dan dilakukan untuk mempertajam strategi, arah kebijakan, program dan kegiatan Perangkat Daerah berdasarkan  strategi arah kebijakan, program pembangunan daerah yang ditetapkan Perda tentang RPJMD,
    5. Penetapan, rancangan akhir renstra Perangkat Daerah yang telah disempurnakan disampaikan       kembali oleh Kepala Perangkat Daerah kepada Kepala BAPPEDA untuk dilakukan proses  penetapan renstra Perangkat Daerah. (Wan/Ay)

 

  • Bimbingan Teknologi untuk menyusun renstra Perangkat Daerah tahun 2018 s.d 2023
  • Bimbingan Teknologi untuk menyusun renstra Perangkat Daerah tahun 2018 s.d 2023
  • Bimbingan Teknologi untuk menyusun renstra Perangkat Daerah tahun 2018 s.d 2023
  • Bimbingan Teknologi untuk menyusun renstra Perangkat Daerah tahun 2018 s.d 2023