Sosialisasi Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan “GEMARIKAN” di Kabupaten Magetan

Magetan-Guna meningkatkan konsumsi ikan masyarakat Magetan, Dinas Peternakan dan Perikanan Kabupaten Magetan melaksanakan Sosialisasi Gerakan Memasyarakatkan Makan  Ikan (GEMARIKAN) pada Rabu (31/10) di gedung Korpri Kabupaten Magetan.

Para peserta sosialisasi berasal dari perwakilan kader posyandu balita diseluruh desa/kelurahan di 6 Kecamatan di Kabupaten Magetan yaitu Kecamatan Plaosan, Kecamatan Bendo, Kecamatan Maospati, Kecamatan Parang, Kecamatan Kartoharjo, Kecamatan Nguntoronadi serta undangan lain berjumlah 172 orang.

Bapak Toto Aprijanto selaku narasumber dari Dinas Kesehatan Kabupaten Magetan menjelaskan sosialisasi gemarikan sebagai media pengenalan mengenai manfaat tentang ikan bagi masyarakat serta meningkatkan pengetahuan serta wawasan khususnya bagi kader posyandu selaku penyebar informasi kesehatan pada masyarakat.

Sebelumnya pada tahun 2012 Kabupaten Magetan telah membentuk FORIKAN (Forum Peningkatan Konsumsi Ikan) tingkat Kabupaten Magetan. Forum ini merukanan organisasi (Non Pemerintah) dari tingkat pusat, Provinsi sampai Kabupaten/Kota.Tujuan dibentuknya Forikan adalah untuk memadukan gerak dan langkah semua unsur yang terkait dengan peningkatan konsumsi ikan di Kabupaten Magetan, baik dikalangan Pemerintah, Swasta, maupun Masyarakat yang diharapkan dapat mendorong terciptanya upaya-upaya peningkatan konsumsi ikan yang pada akhirnya mampu mengubah pola pikir dan perilaku masyarakat Kabupaten Magetan untuk mengkonsumsi ikan secara teratur dalam jumlah yang memadai.

Selain sosialisasi memasyarakatkan makan ikan juga digelar bazar produk hasil perikanan (bersubsidi) binaan Dinas Peternakan dan Perikanan Kabupaten Magetan yang bertempat di halaman gedung Korpri. (Ay/Wan)

  • Sosialisasi Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan