Sosialisasi Pengenalan Serta Peran KIM Terhadap UMKM Desa Purwodadi Kecamatan Barat Kabupaten Magetan

Magetan- Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) adalah kelompok yang dibuat oleh masyarakat,dari masyarakat, dan untuk masyarakat yang secara mandiri dan kreatif mengelola informasi dan pemberdayaan masyarakat guna meningkatkan nilai tambah. Definisi ini berdasarkan Peraturan Menteri Kominfo Nomor 8 Tahun 2010. Singkatnya KIM adalah kelompok masyarakat yang aktif mengelola dan menyebarkan Informasi kepada masyarakat secara swadaya. Acara dilaksanakan di Kantor Desa Purwodadi kecamatan Barat Kabupaten Magetan pada hari Jumat 27 April 2018 pukul 19.00-22.00 WIB.

Untuk narasumber sendiri dari Dinas Kominfo Ir.N.Siti Wahyuni selaku Kepala Bidang Informasi Komunikasi Publik menegaskan Tugas dari KIM adalah mewujudkan masyarakat yang aktif, peduli, peka dan memahami informasi, memberdayakan masyarakat agar dapat memilah dan memilih informasi yang dibutuhkan dan bermanfaat. Serta Fungsi KIM sebagai wahana informasi dan sebagai lembaga yang memiliki nilai ekonomi. Setiap kelompok sosial dapat membentuk KIM mulai dari tingkat RT,RW,Dusun/Lingkungan, Desa/Kelurahan sampai organisasi-organisasi yang ada dalam masyarakat. Sosialisasi tersebut dihadiri oleh KIM dan Kelompok UMKM Purwodadi.

 

Kepala Desa Purwodadi Raden Ngaten Suci Minardi menambahkan, Purwodadi merupakan daerah yang menjanjikan untuk dijadikan Desa Wisata Budaya karena memiliki banyak potensi yang baik untuk berwisata sekaligus belajar. Apa saja yang dikelola oleh Desa Purwodadi sebagai berikut, Dalam bidang pemberdayaan, kegiatan produktif budidaya jamur oleh Karang Taruna Tunas Muda Purwodadi. Dan UMKM Desa Purwodadi seperti pabrik tahu, penggilingan daging bakso, abon sapi, ayam panggang, tempe dan roti. Tidak lupa memperkenalkan sejarah Benteng Kadipaten Purwodadi yang bahkan setiap tahunnya dilakukan festival budaya Gumelaring Kadipaten Purwodadi. (Wawan)

  • Sosialisasi Pengenalan Serta Peran KIM Terhadap UMKM  Desa Purwodadi Kecamatan Barat Kabupaten Magetan