Wujudkan Sistem Kearsipan Yang Handal, Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Magetan melaksanakan BIMTEK

MAGETAN- Sistem pengolahan arsip berbasis teknologi informasi atau yang disebut SIKD (Sistem Informasi Kearsipan Dinamis) disosialisasikan oleh Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Magetan melalui kegiatan Bimbingan Teknis (BIMTEK).

Pelaksanaan BIMTEK Aplikasi Kearsipan bertempat di Hotel Merah 2 Sarangan pada Kamis, (15/03). Pengenalan aplikasi SIKD (Sistem Informasi Kearsipan Dinamis) tersebut dihadiri 40 OPD (Organisasi Pemerintah Daerah) se-Kabupaten Magetan serta Kecamatan Magetan dan Kecamatan Plaosan.  Pada agenda BIMTEK tersebut hadir pula sebagai narasumber dari ANRI ( Arsip Nasional Republik Indonesia).

Kegiatan BIMTEK meliputi pengenalan sistem  aplikasi SIKD (Sistem Informasi Kearsipan Dinamis) berbasis website yang nantinya akan dipakai pada seluruh OPD di Kabupaten Magetan. Aplikasi SIKD (Sistem Informasi Kearsipan Dinamis) merupakan  aplikasi yang memiliki fungsi awal pengagendaan surat hingga pemeliharaan naskah yang meliputi naskah masuk, pengarsipan naskah hingga penyusutan arsip naskah apabila telah sampai pada masa akhir naskah .

Upaya pelaksanaan BIMTEK Aplikasi Kearsipan  merupakan langkah awal menuju budaya  paperless society yaitu budaya masyarakat tanpa kertas  yang akan  menghubungkan  semua OPD se Kabupaten Magetan melalui jaringan Aplikasi SIKD (Sistem Informasi Kearsipan Dinamis) dalam hal surat menyurat tanpa kertas.

Kedepannya Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Magetan akan bersinergi dengan Dinas Kominfo Kabupaten Magetan  dalam langkah step by step meng-onlinekan SIKD (Sistem Informasi Kearsipan Dinamis).(Ayu).

  • Kegiatan BIMTEK Aplikasi Kearsipan
  • Kegiatan BIMTEK Aplikasi Kearsipan
  • Kegiatan BIMTEK Aplikasi Kearsipan
  • Kegiatan BIMTEK Aplikasi Kearsipan
  • Kegiatan BIMTEK Aplikasi Kearsipan
  • Kegiatan BIMTEK Aplikasi Kearsipan