MUSRENBANG (MUSYAWARAH PERENCANAAN PEMBANGUNAN) TINGKAT KELURAHAN DI TAWANGANOM KABUPATEN MAGETAN

Pembangunan yang baik dan tepat guna dapat tercapai jika sebelumnya dilaksanakan perencanaan yang baik. Dalam hal ini Pemerintah Kabupaten Magetan melaksanakan perencanaan melalui agenda Musrenbang. Apa itu musrenbang? Musrenbang merupakan agenda tahunan di mana warga saling bertemu mendiskusikan masalah yang mereka hadapi dan memutuskan prioritas pembangunan jangka pendek. Ketika prioritas telah tersusun, kemudian di usulkan kepada pemerintah di level yang lebih tinggi, untuk musrenbang Desa/Kelurahan hasil musrenbang akan disampaikan di forum musrenbang Kecamatan dan hasil forum musrenbang Kecamatan akan diusulkan ke musrenbang Kabupaten melalui badan perencanaan (Bappeda Litbang) Kabupaten Magetan.

Proses penganggaran partisipatif ini menyediakan ruang bagi masyarakat untuk menyuarakan kebutuhan mereka pada pihak pemerintah. Musrenbang merupakan pendekatan bottom-up di mana aspirasi dari masyarakat dapat ditampung untuk bahan perencanaan pembangunan. Tidak lupa semua usulan program dan kegiatan tidak melenceng dari RPJMD Kabupaten/Kota.

Pada tanggal 21 Januari 2018 bertempat di balai Kelurahan Tawanganom dilaksanakan musrenbang tingkat Desa/Kelurahan. Acara dimulai jam 09.00 WIB sampai 11.00 WIB dan dihadiri oleh Ketua RT dan RW se Kelurahan Tawanganom, Anggota LPM, Perangkat Kelurahan Tawanganom dan perwakilan dari Kecamatan Magetan. Acara musrenbang di Tawanganom dipimpin langsung oleh Lurah Tawanganom Verawati Setyoningrum, S.STP, Msi yang didampingi oleh Ketua LPM Kelurahan Tawanganom dan Sekretaris Kecamatan Magetan. Meski diguyur hujan antusias undangan sangat tinggi, dari 49 RT dan 6 RW hanya 13 RT yang tidak dapat hadir.

Ibu Vera memaparkan program dan kegiatan yang akan dilaksanakan di tahun 2018 untuk Kelurahan Tawanganom dan menjaring usulan dari warga melalui perwakilan RT dan RW. Selain itu juga untuk menentukan usulan prioritas dari Kelurahan Tawanganom untuk diusulkan pada program PIK (Pagu Indikatif Kecamatan). Program PIK merupakan stimulan dari Kabupaten untuk mengakomodir usulan dari Desa/Kelurahan. PIK dilaksanakan di Forum Kecamatan Magetan dan sistem penjaringan usulan dibuat semacam kompetisi. Desa/Kelurahan di Kecamatan Magetan diwajibkan untuk mempresentasikan usulan unggulan mereka dan akan dinilai oleh Desa/Kelurahan lain untuk menentukan mana yang akan mendapatkan anggaran PIK.

Musrenbang Acara musrenbang di Kelurahan Tawanganom memasuki penjaringan usulan untuk perencanaan tahun 2019. Mayoritas usulan berupa pembanguan fisik seperti perbaikan jalan, pembangunan talud, perbaikan makam desa dan beberapa usulan yang lain. Pada pukul 10.54 WIB acara ditutup oleh Ibu Lurah.

Harapan masyarakat terutama dari musrenbang Desa/Kelurahan ini usulan dari masyarakat dapat dipenuhi sesuai prioritas pembangunan Kabupaten dan dapat mensejahterakan masyarakat bukan hanya sebagai formalitas agenda kegiatan Kabupaten.