Pertunjukan Rakyat Kandang Seni Jabung Kabupaten Magetan

Magetan - Pertujukan Rakyat oleh Kandang Seni Jabung pada acara RTIK Jatim Bersua mendapat apresiasi dari Kepala Sub DirektoratTata Kelola Pemberdayaan Informatika Kementerian Komunikasi dan Informatika Bambang Tri Santoso, S.Sn.

Pada Penyambutan tamu diarak oleh Iring-iringan Reog sampai di tempat Penandatangan Deklarasi Anti Hoax, dan dilanjutkan dengan Tari Bandol yang kesenian asal Kabupaten Magetan.  Tari Bandol menggambarkan ketangkasan pemuda Magetan dalam beladiri untuk menegakkan kebenaran yang dilakukan oleh 4 orang penari atau lebih.

Kemudian pada malam harinya Kandang Seni Jabung memamerkan kebolehanya dalam seni Reog yang dilakukan oleh anak-anak dan dilanjutkan dengan pertunjukan wayang kulit dengan mengambil lakon Dewa Ruci. Dalam sesi Goro-goro Bambang Tri Santoso sempat menyumbangkan tembang "Yen Ing Tawang Ana Lintang" yang mempu membuat seluruh penonton terpesona.

Sebelum Pertunjukan Wayang dilaksankan Bambang Tri Santoso sempat memberi Materi Literasi media digital dalam rangka menangkal berita hoax.

Di akhir pertujukan Bambang Tri Santoso yang juga aktif dalam pedalangan juga memberi sedikit ulasan tentang penampilan yang suguhkan oleh Kandang Seni Jabung agar dapat tumbuh lebih baik dalam menjaga budaya Indonesia.

 

  • Literasi media digital
  • Kandang Seni Jabung