Pembinaan Penyedia Jasa Konstruksi Batch 1 2017

Jasa konstruksi memiliki peran yang strategis dalam pembangunan fisik dan ekonomi, mengingat kegiatan jasa konstruksi mampu turut membantu dalam penyerapan tenaga kerja baik tenaga ahli maupun tenaga terampil. Pembinaan terhadap pelaku jasa konstruksi perlu dilakukan secara sistematis dan berkesinambungan untuk memperoleh hasil yang maksimal, baik kepada penyedia maupun masyarakat jasa konstruksi, guna memberikan pemahaman kesadaran akan tugas, fungsi, hak kewajiban serta untuk meningkatkan kemampuan pelaku jasa konstruksi, dalam upaya mewujudkan tertib usaha, tertib penyelenggaraan pekerjaan dan tertib pemanfaatan hasil pekerjaan konstruksi.

Sebagai perwujudan hal tersebut, Tim Pembina Jasa Konstruksi Kabupaten Magetan melakukan kegiatan Pembinaan Penyedia Jasa Konstruksi yang dilaksanakan pada tanggal 20 April 2017 lalu yang diikuti oleh 50 penyedia jasa konstruksi dari berbagai asosiasi di Kabupaten Magetan.

Kegiatan dibuka oleh Plt. Sekretaris Daerah Bpk. Sutikno, ST, MM, dengan nara sumber Iskandar Hadi Subargo, ST dari Bagian Pengadaan Barang dan Jasa Setdakab dan Muhtar Wahid, S.ST, MT, Kepala Bidang Bina Marga Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang. Kegiatan mengambil tema "Perspektif Pengadaan Jasa Konstruksi dan Manakemen Pelaksanaan Proyek".

Dalam sambutannya, Plt. Sekretaris Daerah menyampaikan bahwa tantangan konstruksi di masa mendatang sangatlah berat. Karenanya diperlukan pembinaan secara menyeluruh antara lain dalam hal pengorganisasian rantai pasokan (supply chain), system delivery dalam pengadaan barang dan jasa, mutu konstruksi serta dalam penyelesaian sengketa konstruksi.

Untuk memperoleh hasil pembagunan infrastruktur yang handal dan berkualitas, diperlukan sumber daya manusia atau pelaku jasa konstruksi yang memiliki kinerja berkualitas dan mampu bersaing dengan kontraktor dari daerah lain.

Selain hal tersebut diatas, perlu didukung dengan faktor lain yaitu penerapan teknologi tinggi pada seluruh proyek konstruksi yang dilaksanakan di masa yang akan datang. Pembangunan proyek konstruksi harus mempertimbangkan pola ramah lingkungan. Dengan begitu, konstribusi sektor jasa konstruksi dalam pertumbuhan ekonomi akan semakin meningkat, yang pada akhirnya akan bermuara pada peningkatan kesejahteraan masyarakat.(PTS)

Kirim komentar

HTML terbatas

  • Tag HTML yang dibolehkan: <a href hreflang> <em> <strong> <cite> <blockquote cite> <code> <ul type> <ol start type> <li> <dl> <dt> <dd> <h2 id> <h3 id> <h4 id> <h5 id> <h6 id>
  • Baris dan paragraf baru akan dibuat otomatis.
  • Web page addresses and email addresses turn into links automatically.
CAPTCHA
This question is for testing whether or not you are a human visitor and to prevent automated spam submissions.
CAPTCHA citra
Masukan kata yang tampak pada gambar.

Share Everywhere