CARA MEMBUKA EMAIL RESMI PEMERINTAH KABUPATEN MAGETAN

Pemerintah Kabupaten Magetan melalui Dinas Kominfo telah mengembangkan email resmi Pemerintah Kab. Magetan. Email resmi tersebut menggunakan aplikasi zimbra, dan zimbra ini merupakan aplikasi open source yang gratis dan bisa kita kembangkan. Email resmi ini digunakan oleh SKPD dan PNS di Kabupaten Magetan sebagai account email resmi Pemerintah Kabupaten Magetan untuk urusan kedinasan.

Cara membuka email resmi ini bisa melalui link yang sudah ada di website resmi Pemerintah Kabupaten Magetan www.magetan.go.id. Kemudian pada menu layanan e-gov pilih menu webmail. Lihat gambar

zimbra

 

 

 

Setelah itu masukkan user dan password nya. Lihat gambar

zimbra2

Tetapi jika saat membuka email zimbra ini ada pesan EROR sepeti pada gambar dibawah

https4

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Email tidak eror, melainkan karena aplikasi zimbra menggunakan setting https://. https merupakan singkatan dari HyperText Transfer Protocol over SSL (Secure Socket Layer), ini merupakan jalur TCP/IP yang digunakan oleh server website untuk mentransfer dan menampilkan konten website dengan aman. Karena setiap data yang ditransfer akan di enkripsi sehingga tidak dapat dibaca siapun kecuali si penerima. Langkah untuk membukanya sebagai berikut  :

* Klik link Advance

https5

 

 

 

 

 

 

 

 

 

* Klik link Proces to

https8

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Kemudian akan muncul menu login zimbra.

Email resmi Pemerintah Kab. Magetan hanya digunakan untuk email kedinasan bukan untuk digunakan untuk mendaftar account media sosial (Facebook, Whatsup dll). Jika ada keluhan tentang penggunaan email resmi Kab. Magetan ini dapat langsung menghubungi kantor Dinas Kominfo Kab. Magetan.