Tingkatkan Kapasitas Aparatur Sipil Negara dalam menghadapi Bencana, BPBD Kabupaten Magetan adakan Diklat Dasar Manajemen Bencana.

MAGETAN-Kabupaten Magetan merupakan wilayah Propinsi Jawa Timur yang  terletak paling barat, berbatasan langsung  dengan Jawa Tengah dan  dibatasi  Gunung Lawu yang masih aktif.  Dengan letak wilayah tersebut, potensi bencana alam di Kabupaten Magetan  seperti  potensi  terjadinya longsor, kebakaran hutan, angin puting beliung dan kemungkinan terjadi gempa diakibatkan gunung lawu  yang masih aktif di wilayah barat, serta potensi terjadi banjir genang akibat luapan dari bengawan Madiun di wilayah timur.

Menurut Undang-Undang RI No 24 Tahun 2007 pasal 5 mengamanatkan Pemerintah dan Pemerintah Daerah menjadi penanggungjawab dalam penyelenggaraan penanggulangan bencana, serta Peraturan Daerah Kabupaten Magetan Nomor 9 Tahun 2015 Tentang penyelenggaraan penanggulangan bencana di Kabupaten Magetan pasal 4 mengamanatkan bahwa pemerintah daerah  menjadi penanggungjawab dalam penyelenggaraan penanggulangan bencana.

Menuju ketangguhan Kabupaten Magetan dalam menghadapi bencana, BPBD Kabupaten Magetan sebagai Lembaga Penyelenggara Penanggulangan Bencana bekerjasama dengan PUSDIKLAT BNBP dan  BADAN DIKLAT PROPINSI JAWA TIMUR menyelenggarakan Diklat Dasar Manajemen Bencana. Bertempat di Hotel Merah Sarangan, Diklat Dasar  dilaksanakan selama 5 hari yakni, tanggal 2 sampai dengan 6 April 2018. Diikuti sebanyak 30 orang dari Dinas Instansi terkait di Kabupaten Magetan. Materi yang diajarkan dalam diklat diantaranya dasar penanggulangan bencana, manajemen bencana, manajemen logistic dan peralatan, manajemen data dan informasi bencana, kerjasama multi pihak dalam penanggulangan bencana serta rencana tindak lanjut.

Pelaksanaan Diklat Dasar Manajemen bencana bertujuan membentuk pemahaman yang sama dalam rangka penyelenggaraan penanggulangan bencana. Di sisi lain peserta diklat diharapkan dapat meningkatkan kapasitasnya sebagai aparatur sipil Negara dalam menghadapi, menanggulangi  bencana dan melakukan pengurangan resiko bencana bilamana terjadi bencana di Kabupaten Magetan sehingga proses penanganannya akan lebih lancar. (Ayu)

  •  Diklat Dasar Manajemen Bencana
  •  Diklat Dasar Manajemen Bencana
  •  Diklat Dasar Manajemen Bencana
  •  Diklat Dasar Manajemen Bencana