Pelatihan Pengumpulan Pengolahan Data Hortikultura dan Perkebunan untuk Mantri Tani di Kabupaten Magetan

MAGETAN- Upaya meningkatkan kapabilitas petugas pengumpul data (mantri tani) khususnya komoditas hortikultura dan perkebunan sesuai dengan buku pedoman pengumpulan dan pengolah data, Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura, Perkebunan dan Ketahanan Pangan (DTPHPKP) Kabupaten Magetan melaksanakan refreshing pengolahan data pertanian.

Acara refreshing pengolahan data pertanian digelar selama tiga hari, yakni Rabu-Jumat tanggal 14 sampai dengan 16 Maret 2018 lalu. Bertempat di Kantor Dinas TPHPKP dengan jumlah peserta sebanyak 25 orang yang merupakan mantri tani di 18 kecamatan dan petugas kabupaten. Narasumber pada kegiatan ini berasal dari Pusat Data dan Sistem Informasi Pertanian (Pusdatin) Kementrian Pertanian RI.

Hari pertama acara dibuka oleh Sekretaris Dinas TPHPKP Kabupaten Magetan, Ir. Uswatul Chasanah, MMA. Acara kemudian dilajutkan dengan materi pertama tentang pengumpulan dan pengolahan data tanaman perkebunan oleh  Diah Indarti, SE., Materi kedua dilanjutkan oleh Titin Agustina, S.Si yang menjelaskan tentang pengumpulan dan pengolahan data hortikultura.  Titin juga menjelaskan berberapa hal yang berkaitan dengan cara pengisian form Statistik Pertanian Hortikultura (SPH).

Esoknya, Kamis (15/3) diisi dengan pemaparan materi tunggal tentang cara menghitung produksi tanaman hortikultura perkbunan oleh bapak Dr. Budi Waryanto, M.Si (Kasubid Data Tanaman Pangan dan Hortikultura Pusdatin Kementan). Pada kesempatan kali ini dijelaskan secara gamblang bagaimana cara menghitung produksi sayuran, buah-buahan dan perkebunan khususnya yang banyak terdapat di wilayah Kabupaten Magetan.

Sebagai tindak lanjut dari pelatihan kemudian dilakukan praktek ubinan di lapangan. Komoditas yang dipilih untuk dijadikan contoh menghitung produksi yaitu cabe merah kriting dan tebu. Praktek dilakukan di dua lokasi yaitu di Kelurahan Tawanganom untuk komoditas tebu dan di desa Sidomulyo untuk komoditas Cabe.

Adapun refreshing pengolahan data pertanian tersebut digelar bertujuan untuk meningkatkan kemampuan petugas dalam pengisian formulir Statistik Pertanian serta pengumpulan, pengolahan dan penyajian data hortikultura dan perkebunan di Kabupaten Magetan. (Ayu)

  • Materi
  • Pelatihan dan praktek
  • Pelatihan dan praktek
  • Pelatihan dan praktek
  • Materi
  • Materi
  • Pelatihan dan praktek