Masyarakat Resah, Sekitaran Sungai Bringin Kec. Ngariboyo Dialiri Limbah Penyamakan Kulit.

Dipublikasikan 14 Februari 2018

Polresmagetan.com:- Kejadian pembuangan limbah ke aliran sungai Bringin tersebut saat ini telah viral di media sosial, khususnya Facebook Berita Magetan yang diunggah oleh salah satu warga Desa Banjarejo dan mendapat banyak tanggapan ataupun komentar dari para netizen yang mayoritas mengecam perilaku tersebut.

Jumat (9/2/2018) telah dilakukan pertemuan yang dihadiri oleh beberapa pengusaha penyamak kulit Dusun Kumpulan Ds. Banjarejo, adapun beberapa penyampaian pada pertemuan tidak terdapat pengusaha dari Dusun Kumpulan yang memproduksi dan membuang hasil limbah ke sungai. Limbah tersebut mungkin sudah beberapa hari yang lalu dan kemudian berkumpul di sungai Bringin selatan Kantor Desa Banjarejo Kec. Ngariboyo.

Menyikapi adanya kejadian tersebut, pengusaha dari Dusun Kumpulan / Alas Malang sepakat untuk sementara waktu menghentikan produksi dan selanjutnya akan mengurangi jumlah produksi. Kedepan pengusaha akan membuat kolam penampungan sekaligus IPAL guna meminimalisir limbah hasil produksi penyamakan kulit. Para pengusaha akan mendorong terealisasinya LIK 2 di Ds. Banjarejo agar nantinya usaha kulit menjadi legal dan dapat bekerja secara nyaman.