Keindahan Dam Jati Jadi Destinasi Wisata Baru di Magetan

Dipublikasikan

Suarakumandang.com, BERITA MAGETAN. Bicara wisata di Magetan, anda tidak perlu khawatir untuk mencari tempat yang indah dan exsotis untuk memanjakan orang-orang tercinta anda. di Magetan, Jawa Timur dengan adanya wisata baru yakni sebuah bendungan atau waduk yang bisa menjadi rujukan bagi para travelers.

Sebagai rujukan menghabiskan waktu libur akhir pekan ada beberapa pilihan di antaranya adalah Dam Jati, yang tidak kalah menarik dengan wisata di Magetan.Tempat yang adem dan nyaman merupakan pilihan warga untuk melepaskan lelah selama satu pekan bekerja.

Bendung Jati atau Dam jati terletak di desa Goranggareng, Kecamatan Nguntoronadi, Kabupaten Magetan, Jawa Timur kini oleh warga setempat disulap menjadi tempat wisata yang menarik.

Meskipun masih miskin sarana dan prasarana namun Dam Jati ini mampu menjadi magnet bagi warga Magetan dan sekitarnya diperkirakan sudah mencapai ratusan pengunjung setiap harinya.

Tatak kepala desa Goranggareng mengatakan sebelum dijadikan tempat wisata masyarakat sekitar selalu mengeluhkan dengan keberadaan mereka yang dinilai menggangu lingkungan.

“ Tekad menjadikan Dam Jati sebagai tempat wisata karena belakangan ini Dam Jati sering digunakan sebagai tempat yang tidak benar, seperti balap liar, mabuk-mabukan, bahkan dijadikan tempat maksiat,”ujar Tatak , minggu(04/02/2018).

Dijelaskan pula, soal anggaran swadaya masyarkat, atas kesepakatan per KK ditarik biaya Rp 20 ribu.

“ Sebenarnya pihak kami belum siap, akan tetapi antosias pengunjung semakin hari semakin ramai. Dengan adanya wisata Dam Jati ini seakan-akan kami dipacu untuk segera menyelesaikan,”paparnya.

“Karena niat masyarakat yang sangat besar, kami beranikan diri untuk mengelola Dam Jati dijadikan tempat wisata, maka dengan harapan bisa untuk mensejahterakan masyarakat sekitar, selain itu supaya masyarakat Goranggareng mempunyai rasa memiliki dan menjaga,”ucapnya.

Tempat wisata Dam jati menyediakan wisata selfi, tempat santai bersama keluarga .”Sementara pihak desa setiap minggu mengadakan senam sehat dan hiburan musik dangdut. Untuk yang lainnya menyusul mas, seperti warung kopi lesehan dan tak lupa lagi pihak desa juga menyediakan toilet,” kata Tatak lagi.

Sementara itu, pihak desa untuk memberi rasa nyaman kepada pengunjung juga menugaskan petugas keamanan.”Jangan khawatir kami selalu mengutamakan pengujung rasa aman dan nyaman, tempat pakir yang luas dan aman, sementara untuk lokasi Dam Jati dari Polsek Takeran ke arah selatan atau kearah Bonsari Madiun berjarak kurang lebih 4 km,”pungkasnya.Ridho.